Beranda » Blog » Pengertian usaha clothing dan distro

Pengertian usaha clothing dan distro

T Diposting oleh pada 15 Desember 2018
F Kategori
b 2 komentar
@ Dilihat 769 kali

Pengertian usaha clothing dan distro – Clothing sekarang menjadi istilah untuk menyebut perusahaan pembuat T-Shirt.Istilah lengkapnya adalah clothing company atau perusahaan yang memproduksi pakaian jadi dibawah merek sendiri.Dalam kata lain ,clothing merupakan kategori untuk merek yang mengeluarkan produk pakain jadi.Pakaian jadi ini sebagian besar adalah T-Shirt dan kemudian berkembang ke berbagai perlengkapan yang menunjang gaya hidup seperti kemeja.jaket,sepatu,dan sebagainya.

Kata “distro” merupakan singkatan dari distribution store atau distribution outlet yang berfungsi menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company local yang memproduksi sendiri produksinya (T-Shirt,jaket,kemeja,tas,dompet,topi dan lain-lain). Karena belum mempunyai tempat pemasaran sendiri atau ingin memperluas pemasarannya,maka clothing company ini sangat akrab dengan distro.

Distro memiliki sifat eksklusif atau cenderung tidak menjual banyak produk untuk setiap desainnya.Clothing company seperti Ouval,347/EAT,Two Clothes,3second,dan lain-lain memang membatasi kuantitas produksinya,malah hanya diproduksi sekali untuk setiap desain.Distro juga kebnyakan menjual produk dalam negeri.Salah satu yang terasa khas di distro adalah suasana berbelanja untuk pengunjung yang lebih menyenanangkan ,karena suasananya yang akrab.Bahkan kalau konsumen kenal dengan pemiliknya maka bisa mendapat diskon yang lumayan.

Walaupun bisnis distro terkesan indie,namun efeknya bisa menggeser merek-merek lokal yang bermodal besar dan punya nama.Keunggulan barang-barang yang ada di distro adalah harga yang murah dan desainnya yang banyak menampilkan model simbol kebebasan sehingga benar-benar lebih bisa merebut hati anak muda.Coba saja tengiok tulisan-tulisan dan gambar T-Shirtnya .Belum lagi warna dan desainnya yang selalu up to date dan fresh.

Distro merupakan salah satu perwujudan dari konsep DIY (do it yourself) .Karena berdasarkan rote-nya  sendiri,maka distro lahir dan tumbuh dari komunitas yang independen.Distro pada awalnya merupakan wadah dari penjualan album,marcendise,serta pernak-pernik dari band-band indie yang memasarkan produk mereka secara independen.

Jelas bahwa distro pada awalnya diperkenalkan oleh orang-orang yang tumbuh di komunitas independen.Mereka ingin membuat suatu usaha street fashion sendiri yang ekslusif dan mencerminkan gaya hidup (lifestyle) komunitas tempat mereka berasal.

Ini merupakan sesuatu yang masih langka ,apalagi pada waktu kelahirannya tidak ada konsep penjualan semacam distro.Ketika itu berbagai merek busana yang ada digerai-gerai pakaian kebnyakan bersifat produk massal dengan desain yang menjiplak produk buatan dari luar negeri.Kalaupun ada street fashion tersebut berasal dari merek luar negeri dengan harga yang luar biasa mahal pula.Maka kemudian lahirlah distro-distro lokal dengan konsep yang eksklusif serta mengetengahkan idealisme yang kebanyakan berasal dari komunitas root mereka,misalkan komunitas sketboard,surfing,ataupun musik indie.Pendirian distro pun tidak bergantung pada faktor-faktor yang berada diluar mereka (modal finansial misalnya). Sebagian besar pelopor distro merintis usaha mereka dari modal yang kecil dan idealisme serta semangat juang yang tinggi.Kini distro menjadi alternatif pilihan bagi orang-orang  yang ingin memiliki street fashion nan ekslusif serta mencerminkan gaya hidup yang kental dengan independensi.

Distro masih layak menyandang nama distro walaupun dari kacamata bisnis ia telah membesar dan dapat dikategorikan sebagai indstri,tapi tetap saja ada ke khas an tersendiri dari produk-produknya.Mereka hanya akan merilis produk yang sesuai dengan idealisme mereka sendiri.

Demikiannlah ulasan dari kami tentang clothing dan distro semoga bisa membantu memberi wawasan buat anda yang masim awam dengan dunia clothing dan distro,jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman atau sahabat lewat media sosial supaya saling berbagi informasi dan wawasan.

Diposting oleh

Jasa pembuatan kaos

2 Komentar untuk Pengertian usaha clothing dan distro

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Pengertian usaha clothing dan distro

konveksi kaos polo murah

T 9 Juni 2017 F A B86 Clothing Konveksi

Kebutuhan akan pakaian ynag  biasa dipake sehari-hari memang hampir tidak ada habisnya,seperti untuk seragam karyawan,untuk event ,acara gathering dan kegiatan-kegiatan lainya.jadi kebutuhan akan pakaian memang sangat penting untuk menunjang penampilan,khususnya pakaian santai seperti kaos polo. Model kaos polo banyak macamnya... Selengkapnya

Sablon kaos semarang

T 20 Desember 2018 F A B86 Clothing Konveksi

Sablon kaos semarang – Hallo kembali lagi masih diartikel tentang seputar sablon manual, tapi kali ini kita akan membahas tempat jasa sablon kaos semarang,jawa tengah.Di kota semarang memang banyak orang yang mempunyai usaha sablon, namanya ibu kota jawa tengah dan... Selengkapnya

Konveksi kaos polo online

T 29 April 2020 F A B86 Clothing Konveksi

Konveksi kaos polo online -Kaos polo atau polo shirt adalah sebutan untuk kaos yang berkerah. kaos polo yang juga dikenal sebagai kaos golf , kaos tenis adalah kaos dengan bentuk T dengan kerah dan biasanya berkancing dua atau tiga buah. Nama lain... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk dan jasa kami silahkan hubungi customer servis kami

Pos-pos Terbaru