Beranda » Info&Tips » manfaat strategi pengemasan pelabelan jaminan dan garansi bagi sebuah produk

manfaat strategi pengemasan pelabelan jaminan dan garansi bagi sebuah produk

T Diposting oleh pada 26 Desember 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1564 kali

manfaat strategi pengemasan pelabelan jaminan dan garansi bagi sebuah produk – Packaging atau pengemasan awalnya hanya berfungsi sebagai pelindung, dan itu terlihat di banyak perusahaan di indonesia yang berada di fase manufaktur yang produk oriented, padahal saat ini yang dibutuhkan adalah perusahaan yang berorientasi pada pasar dengan dengan menciptakan brand (merek), Perlu diingat bahwa “produk dibuat di pabrik” , “merek dibangun di otak”, dan “loyalitas konsumen dibangun di hati”. Beberapa fungsi desain packaging adalah :

  • Sebagai senjata untuk mempengaruhi konsumen
  • Sebagai senjata penjualan
  • Sebagai senjata untuk berkompetisi di pasar
  • Sebagai senjata untuk membangun merek

Packaging adalah salah satu ujung tombak pemasaran, bukan sebatas bungkus pelindung tetapi sebagai bagian dari pendekatan terhadap konsumen yang mengomunikasikan positioning,diferensiasi produk, serta bisa menciptakan impulsive buying (pembelian seketika di titik penjuakan).

Fungsi ideal sebuah desain packaging adalah mampu bercerita secara jujur isi produk di dalamnya, tidak kurang tidak lebih. Desain packaging sebagus dan sekreatif apa pun tidak akan mampu menolong produk yang kualitasnya jelek karena pada akhirnya yang di konsumsi adalah produknya dan bukan kemasanya. Tapi desain yang jelek meskipun produknya berkualitas tinggi, maka para calon pembeli mungkin tidak tertarik karena “kesan pertama yang tidak menggoda”.

Aspek terpenting dalam desain packaging adalah kejujuran. Desain packaging bukan alat untuk mengelabuhi konsumen. Desain packaging akan semakin dirasakan manfaatnya oleh konsumen jika mampu memberikan informasi jujur tentang produk dan nilainya. Oleh karena itu, pengemasan produk T-Shirt harus di lengkapi dengan :

1.Label

Label adalah tulisan merek yang biasanya ditaruh di bagian leher dalam belakang T-Shirt. Bisa juga ditempatkan di bagian sisi samping luar T-Shirt. Label adalah identitas produk. Yang dimuat di label bisa berupa logo atau tulisan dan ukuran T-Shirt. Harga yang ditetapkan biasanya disesuaikan dengan ukuran dan desain. Label bisa dijahit di belakang leher dan atau di samping bawah T-Shirt atau ditempat lain sesuai kebutuhan dan selera. Intinya, label memuat logo, ukuran, dan merek produk. Kita bisa membuatnya dengan warna, ukuran, dan desain sesuka kita. Untuk lebih simpelnya kita bisa pesan ditempat jasa pembuatan label.

2.Tag/Hang Tag

Tag dipakai untuk aksesoris merek T-Shirt yang memuat info produk sepert harga, kode, ukuran, identitas produk atau juga contack person produsen. Tag biasanya dibuat dari kertas atau plastik dengan sistem cetak atau sablon. Jika kita ingin agar tag dicetak, maka harus sekalian mencetak banyak. Akan lebih bagus jika dibuat secara simpel dan tidak useles untuk konsumen. Kalau pengen kualitas bagus kamu bisa pilih jenis kertas yang tebal dan halus, usahakan dicetak secara full colour supaya lebih menawan dan meyakinkan. Tag dipasang bersama tag gun dan tag pin. Harganya bervariasi tergantung kualitas bahan dan desainnya, lebih jelasnya kamu bisa menanyakan langsung di tempat jasa pembuatan hang tag.

3. Kemasan

Kemasan ini adalah pemanis dari produk. Kita bisa membuatnya dari plastik, boks, atau kain. Lebih baik lagi jika pada kemasan ini terdapat identitas produk. Kemasan ini bukan sekedar bonus pembungkus untuk produk kita yang dibeli konsumen. Namun akan menjadi pengingat dibenak konsumen tentang produk kamu sehinnga memungkinkan mereka untuk suatu saat membeli lagi produk buatan kita.

Selain itu kita juga harus tetap menjaga kualitas produk kita,ada jaminan kualitas dan garansi produk. Jadi konsumen akan selalu percaya dengan produk kita, dan lebih bagusnya lagi mereka bisa meberitahu produk kita ke teman, kerabat. dan saudara mereka. Kita akan mendapatkan marketing gratis jika produknya ada jaminan dan garansi kualitas.

Kita akhiri dulu pembahasan tentang pentingnya packaging atau pengemasan produk,semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya. Terimakasih atas perhatiannya.

Diposting oleh

Jasa pembuatan kaos

Belum ada Komentar untuk manfaat strategi pengemasan pelabelan jaminan dan garansi bagi sebuah produk

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait manfaat strategi pengemasan pelabelan jaminan dan garansi bagi sebuah produk

Konveksi kaos jaket seragam online

T 24 Maret 2020 F A B86 Clothing Konveksi

Konveksi kaos jaket seragam online – Jasa konveksi kaos dan jaket sekarang banyak bermunculan tereutama di kota-besar di indonesia, oleh karena itu dalam pemilihan vendor konveksi juga harus cermat dan tepat, supaya nantinya dalam prosesnya bisa berjalan dengan baik dan... Selengkapnya

Tips memilih jasa konveksi kaos

T 10 Mei 2017 F A B86 Clothing Konveksi

 Tips memilih jasa konveksi kaos -Memilih jasa konveksi kaos disemarang dan yang bisa melayani order secara online memang gampang gampang susah,karena konveksi yang punya kualitas dan terpercaya itu tidak banyak,Memang kebutuhan akan kaos untuk sekarang ini masih terus bertambah permintannya,untuk... Selengkapnya

Proses produksi kaos pada konveksi

T 27 Februari 2017 F A B86 Clothing Konveksi

Konveksi kaos adalah usaha jasa pembuatan kaos,konveksi kaos saat ini sangat diminati,karena pemasarannya yang luas dan lebih mudah dilakukan  dibanding produk konveksi lainnya.Berikut ini akan kami jelaskan sedikit tentang proses produksi kaos sablon. Tahap Pemilihan Bahan Taham pertama dari proses... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk dan jasa kami silahkan hubungi customer servis kami

Pos-pos Terbaru