Beranda » Info&Tips » Cara membuat film sablon manual

Cara membuat film sablon manual

T Diposting oleh pada 19 Desember 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1968 kali

Cara membuat film sablon manual – Setiap kegiatan kerja selalu dimulai dari perencanaan…Rencanakan kegiatan cetak sablon anda,mulai dari persiapan gambar/tulisan yang nantinya hendak diproduksi.Pada dasarnya persiapan gambar /tulisan dapat dilakukan secara manual,baru nanti disempurnakan/diperhalus dengan bantuan komputer/mesin.Hal ini dikaitkan dengan efisiensi dan efektivitas kerja. Dengan komputer segala jenis pekerjaan grafis akan lebih cepat terselesaikan,lebih akurat dan lebih halus. Meskipun demikian ,untuk memberikan wawasan kepada pembaca artikel ini ,perlu disampaikan beberapa cara dalam pembuatan corak gambar/tulisan ,yang mungkin sewaktu-waktu masih diperlukan menggunakan cara ini.
Pembuatan corak gambar/tulisan/desaign ada beberapa cara,yaitu :

  • A. Penggambaran langsung (Direct Painting Methode)
  • B. Pemotongan (Cut Put Methode)
  • C. Profilm (Profilm Methode)
  • D. Resist (Resist Methode)
  • E. Foto Kopi (Photo Copy Methode)
  • F. Setting Komputer

 Untuk memahami pembuatan corak secara manual tersebut dapat diterangkan secara garis besar sebagai berikut.

A. Penggambaran langsung (Direct Painting Methode)

       Menggambar langsung atau lebih tepatnya menutup pori-pori screen,biasanya menggunakan screen-laquer/lak-merah yang langsung di oleskan dengan kuas, ke permukaan screen membentuk corak yang didinginkan, namun hanya corak yang besar-besar saja, untuk corak kecil akan sulit membuatnya. Jika penggambaran telah selesai , screen dikeringkan kemudian baru siap untuk dipakai.

B. Pemotongan (Cut Put Methode)

        Dengan pisau atau cutter, kertas tipis yang sudah dilapisi sirlak atau gamarab, dilubangi sesuai corak yang diinginkan. Selanjutnya menempelkannya ke screen di bidang luarnya , sedangkan dibidang lainnya diperkuat dengan screen laquer. lubang corak harus tetap bebas dari lapisan screen laquer, dengan cara menghapusnya melalui bidang luar dengan kapas yang dibasahi pelarut lak (thinner atau minyak tanah) kemudian dikeringkan.

C. Profilm (Profilm Methode)

            Sama dengan cara B, hanya sebagai gantinya kertas tipis, digunakan film khusus berlapis shellac yang lekatkan pada kertas tembus cahaya.

D. Resist (Resist Methode)

           Cara ini sama dengan A, hanya dibalik prosesnya. Yang dioleskan dengan kuas lebih dahulu adalah zat/pasta yang nantinya menjadi penghalang menempelnya screen laquer. Ada beberapa resep untuk membuat zat/pasta resist, diantaranya: campuran angus lampu minyak+tragacant 6% + glycerine + minyak zaitun + waterglass. Dapat digunakan pula resist dari pasta gigi/odol, tentu saja resep ini adalah resep yang paling praktis. Setelah pengolesan pasta ditunggu hingga kering, kemudian lak dipoleskan kepermukaan screen, dikeringkan terus dicuci dengan air panas untuk merontokan pasta. Screen siap dipakai setelah kering.

E. Foto Kopi (Photo copy Methode)

         Cara ini adalah cara yang paling sulit, karena butuh ketelitian dan keahlian, dibandingkan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dalam proses ini, corak dan garis halus dapat dibuat, namun memerlukan alat-alat yang cukup banyak, diantaranya :

  • Tinta untuk menggambar yang sifatnya pekat (hitam).
  • Trekpen, jangka, penggaris, kuas kecil, dll.
  • Buku contoh huruf, bentuk huruf, garis-garis, dll.
  • Letraset, Rugos, Mecanorma, dll.
  • Kertas film, mika atau kaca, dll Sebagai bahan untuk mendapatkan gambar diapositif.

         Apabila kita tidak mempunyai bakat menggambar, sebaiknya kita percayakan kepada orang yang pandai menggambar, supaya hasilnya maksimal.

F. Setting Komputer

              Perpaduan cara manual dan komputer, akan menghasilkan gambar corak yang sempurna. Tetapi sebelumnya harus dibuat konsep tulisan atau sketsa gambar terlebih dahulu, meskipun finishing-nya dibantu dengan komputer. Untuk menghasilkan diapositif yang baik, harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Sketsa gambar atau konsep tulisan harus jelas dan benar.
  • Ukuran gambar atau tulisan yang akan dicopy/discan harus cukup besar, sehingga pada saat gambar diedit, tidak pecah/kabur. Diapositif yang didapat dari print-out, sebaikanya lebih kecil daripada sketsa/konsep, atau minimal sama.
  • Diapositif dari print-out harus tajam dan jelas (tinta pekat). Hal ini berkaitan dengan kemudahan proses penyinaran disaat afdruk. Harus ada kontras yang maksimal antara yang tembus cahaya dengan yang tidak pada diapositif, sehingga keberhasilan afdruk tercapai.
  • Koreksi diapositif. Sebelum proses dilanjutkan ke afdruk, kita harus teliti sekali lagi, bahwa diapositif/master sudah akurat, baik kekontrasannya maupun kebenarannya.

    Oke demikianlah ulasan artikel dari kami tentang bagaimana cara membuat film sablon, semoga bisa membantu dan memberi wawasan anda sebelum memulai bisnis sablon, ataupun hanya sekedar info tentang dunia sablo. jangan lupa share aplikasi ke teman-teman anda bisa lewat facebook atau twiter biar bisa saling berbagi informasi.Jika anda membutuhkan jasa pembuatan kaos sablon hubungi CS kami di nomor 087731255562.Terimakasih.

Diposting oleh

Jasa pembuatan kaos

Belum ada Komentar untuk Cara membuat film sablon manual

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Cara membuat film sablon manual

Tips promosi kaos distro

T 1 Januari 2019 F A B86 Clothing Konveksi

Tips promosi kaos distro – Hallo kembali lagi dalam artikel kami yang membahas tentang bagaimana tips berpromosi kaos buatan kita. Keberadaan usaha mempertahankan sebuah merek adalah pekerjaan yang tidak ringan . Munculnya pesaing baru dapat mengancam popularitas merek yang sudah ada... Selengkapnya

Memulai bisnis fashion dengan brand sendiri

T 2 Januari 2019 F A B86 Clothing Konveksi

Memulai bisnis fashion dengan brand sendiri – Kembali lagi diartkel kami yang baru tentang bagaimana kita memulai sebuah bisnis fashion khususnya kaos distro. Sebelum kamu memulai bisnis kaos distro siapkan dulu nama brand atau merek kaos distro yang ingin kamu... Selengkapnya

Mengenal tentang prosess bordir komputer

T 19 April 2017 F A B86 Clothing Konveksi

Secara umum pasti kita semua sudah tau tentang istilah bordir,apa lagi dalam usaha konveksi pasti membutuhkan jasa bordir,Pada awalnya seni bordir itu dikerjakan dengan cara tradisional yang menggunakan mesin manual,Prosesnya simpel kita tinggal setting gambarnya dan di print lalu menentukan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk dan jasa kami silahkan hubungi customer servis kami

Pos-pos Terbaru